2 Dosen STKIP PI Makassar Terapkan Model Belajar Tanpa Diskriminasi di SMAN 15 Gowa

Dua dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pembangunan Indonesia (STKIP) Makassar, Sitti Marlina dan Hamran melakukan penelitian terkait penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Learning tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) di SMAN 15 Gowa.
Penelitian tersebut berada di Kecamatan Bontolempangan, Kabupaten Gowa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Learning tipe STAD terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa terkhusus mata pelajaran ekonomi.
Menurut Sitti Marlina, penelitian ini sebagai pembelajaran dosen pendidikan ekonomi untuk meningkatkan kualitas dosen sebagai peneliti.

“Kami berharap juga dapat menyumbang saran bagi sekolah untuk peningkatan kualitas sekolah, apalagi SMAN 15 Gowa adalah satu-satunya sekolah negeri tingkat menengah atas di Kecamatan Bontolempangang,” katanya, Minggu (8/9/2019).

Sementara itu, Hamran mengatakan, penerapan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe STAD ini adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang paling sederhana.

Menurutnya, siswa ditempatkan dalam tim belajar beranggotakan empat orang yang merupakan campuran menurut tingkat kinerjanya, jenis kelamin dan suku.

“Tidak ada diskriminasi atas tingkat kemampuan siswa, jenis kelamin atau suku sehingga siswa diajar untuk berinteraksi dan saling membantu saat belajar,” kata alumni UNM ini.
Pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang dikembangkan oleh Robert Slavin dan teman-temannya di Universitas John Hopkin (dalam Slavin, 1995) merupakan pembelajaran kooperatif yang paling sederhana, dan merupakan pembelajaran kooperatif yang cocok digunakan oleh guru yang baru mulai menggunakan pembelajaran kooperatif.
Student Team Achievement Divisions (STAD) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang paling sederhana.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*