DOSEN STKIP PEMBANGUNAN INDONESIA MELAKSANAKAN PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT STIMULUS BAGI KOMUNITAS SEKOLAH PEREMPUAN PULAU SABUTUNG, PANGKAJENE KEPULAUAN

Sekolah Perempuan di Pulau Sabutung dikembangkan bersama dengan Yayasan Kajian Pemberdayaan Masyarakat Sulawesi Selatan (YKPM), yaitu suatu organisasi non pemerintahan yang bergelut pada upaya peningkatan pembangunan dengan memprioritaskan masyarakat marjinal serta pemberdayaan masyarakat. Sekolah Perempuan memiliki empat desa binaan yang terdiri dari desa Mattiro Bombang, desa Mattiro Uleng, desa Mattiro Kanja dan desa Mattiro Baji. Rata-rata usia anggota Sekolah Perempuan adalah 18-64 tahun, dengan kondisi sosial ekonomi yang hampir seragam. Anggota Sekolah Perempuan didominasi oleh ibu rumah tangga yang tidak produktif secara ekonomi, sehingga perlu dilakukan upaya pemberdayaan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Salah satu upaya pemberdayaan yang dilakukan adalah melalui peningkatan keterampilan mengolah ikan sebagai potensi lokal setempat.

Dengan adanya hal tersebut, Maisya Zahra Al Banna sebagai Ketua Tim Pelaksana Program Kemitraan, bersama dengan dua dosen STKIP Pembangunan Indonesia melaksanakan kegiatan pelatihan pengolahan ikan bagi anggota komunitas Sekolah Perempuan, yang didanai sepenuhnya oleh DRPM RistekBRIN Skema Program Kemitraan Masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di rumah Kepala Dusun Utara Desa Matiro Kanja, Pulau Sabutung pada hari Jumat (14/8/2020), dan diikuti oleh 23 orang anggota Sekolah Perempuan. Kegiatan Program Kemitraan ini meliputi penyuluhan mengenai peluang usaha olahan ikan sebagai potensi lokal daerah kepulauan, praktek pengolahan ikan menjadi tiga produk berbeda, teknik pengemasan dan pelabelan produk.

Melalui kegiatan PKMs ini, diharapkan dapat memotivasi anggota komunitas Sekolah Perempuan yang didominasi oleh perempuan tidak produktif, untuk mulai membuka peluang usaha olahan ikan, meskipun masih sebatas industri rumah tangga. Anggota Komunitas Sekolah Perempuan harus menjadi contoh mengenai upaya pemberdayaan perempuan kepulauan dalam peningkatan kesejahteraan keluarga.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*