DOSEN STKIP PEMBANGUNAN INDONESIA MENJADI NARASUMBER DALAM KEGIATAN WEBINAR PERSIAPAN SERTIFIKASI DOSEN NASIONAL

Mutu perguruan tinggi, salah satunya ditentukan oleh kualitas dosen pengajar. Untuk mengetahui kualitas dosen, standar penilaiannya adalah kepemilikan sertifikasi dosen (Serdos). Sertifikasi dosen (Serdos) adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada dosen. Program ini merupakan upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional dan memperbaiki kesejahteraan dosen dengan mendorong dosen untuk secara berkelanjutan meningkatkan profesionalismenya. Program sertifikasi dosen ini tentunya ada tindak lanjutnya, ada kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi. Yaitu dosen wajib meningkatkan dan mengembangkan profesionalismenya secara terus menerus dan mengaplikasikannya dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya.

Selain dosen, perguruan tinggi pun memiliki kewajiban memberikan akses kepada dosen terhadap sumber belajar, informasi, sarana dan prasarana pembelajaran serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hail itu bertujuan agar dosen dapat meningkatkan kompetensi dan mengembangkan profesionalismenya. Untuk berbagi pengalaman mengenai Persiapan Sertifikasi Dosen Nasional maka webinar ini dilakukan dengan mengundang asesor, admin PSD-PTU, serta dosen yang baru lulus sertifikasi gelombang 1. Adapun waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan ini yaitu:
Hari/Tanggal : Sabtu, 15 Agustus 2020
Pukul : 13.00 – 16.00 WIB
Tempat : Ruangan Virtual Zoom Meeting

Narasumber pada kegiatan webinar ini berasal dari 4 orang dosen yang memiliki pengalaman dalam proses sertifikasi dosen nasional yaitu:
1. Rianita Puspa Sari, S.T., M.T (Dosen Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Singaperbangsa Karawang – Dosen yang lulus sertifikasi dosen nasional gelombang I). Narasumber I Membahas Tentang Persiapan dan Pengalaman Dosen Mengikuti Serdos.
2. Nuur Wachid, S.Pd., M.Pd (Dosen Pendidikan Sistem Teknologi Informasi, UPI Kampus Purwakarta– Dosen yang lulus sertifikasi dosen nasional gelombang I). Narasumber II Membahas Tentang Persiapan dan Pengalaman Dosen Mengikuti Serdos.
3. Fandi Ahmad, S.Pd., M.Pd (Admin PSD-PTU STKIP Pembangunan Indonesia-Relawan Grup Sertifikasi Dosen Nasional di Telegram). Narasumber III Membahas Tentang Penggunaan Sister dan hal-hal penting yang berhubungan dengan admin PSD-PTU.
4. Dr. S. Bekti Istianto, M.Si (Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Jendral Soedirman Purwokerto dan Asesor BAN-PT serta Asesor Sertifikasi Dosen Nasional). Narasumber IV Membahas Strategi Menyusun Deskripsi Diri Yang Baik Menurut Asesor.

Peserta yang terdaftar dalam kegiatan webinar ini sebanyak 150 peserta yang terdiri dari dosen berbagai perguruan tinggi baik swasta maupun negeri yang tersebar diberbagai provinsi yang ada di Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*