Lembaga Penelitian & Pengabdian

STKIP PEMBANGUNAN INDONESIA MENGADAKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI SMPN 14 TANRALILI KAB.MAROS

STKIP Pembangunan Indonesia melaksanakan Workshop dan Pelatihan dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat yang berpusat di SMPN 14 Tanralili Kabupaten Maros pada tanggal 28-31 Agustus 2021. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh dosen profesional. Workshop dan Pelatihan ini dibuka dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kabupaten Maros, Unsur Pimpinan dari kampus STKIP Pembangunan Indonesia.
Peserta Workshop dan pelatihan ini tidak hanya diikuti oleh guru-guru yang ada di SMPN 14 Tanralili Kabupaten Maros saja, akan tetapi guru-guru dari sekolah lain pun (Sekolah dasar dan SMP Negeri/Swasta) yang berada di Kecamatan Tanralili ikut berpartisipasi untuk menambah khazanah ilmu pengetahuan mereka. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh dosen STKIP Pembangunan Indonesia dalam Pengabdian Kepada Masyarakat disekolah tersebut, meliputi:
1. Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
2. Pengelolaan Sampah Di Lingkungan Sekolah
3. Pelatihan Kewirausahaan
4. Pelatihan Pembelajaran Literasi dan Numerasi
5. Tes Golongan darah dan Diagnosa Buta Warna Bagi Siswa
6. Strategi Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Metode Ice Breaking
7. Penerapan Bahan Ajar Angka dan Huruf Tingkat dasar

PKM PENYALURAN BANTUAN KEPADA MAHASISWA TERDAMPAK COVID-19

STKIP Pembagunan Indonesia menyalurkan bantuan berupa sembako kepada 200 mahasiswa yang terkena dampak Covid-19. Kegiatan ini terlaksana berkat dukungan seluruh pimpinan kampus STKIP Pembangunan Indonesia, dosen dan masyarakat yang dengan ikhlas menyisihkan sebagian pendapatannya untuk disumbangkan sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat dosen STKIP Pembangunan Indonesia (Semester Genap 2019-2020) yang dengan ikhlas menjadi Relawan Covid-19 selama beberapa hari mulai dari tanggal 6-8 Mei 2020 dalam mendistribusikan bantuan sembako kepada mahasiswa yang terkena dampak Covid-19.

STKIP PEMBANGUNAN INDONESIA MENGADAKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI SMPN 17 MARUSU KAB.MAROS

STKIP Pembangunan Indonesia Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (Semester Ganjil 2019-2020) Di SMPN 17 Marusu Kab.Maros pada tanggal 18 Februari 2020. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh dosen professional. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh dosen STKIP Pembangunan Indonesia dalam Pengabdian Kepada Masyarakat disekolah tersebut, meliputi:
1. Pelatihan Lesson Study Bagi Guru SMPN 17 Marusu Kabupaten Maros
2. Pelatihan Literasi Digital Bagi Guru SMPN 17 Marusu Kabupaten Maros
3. Pelatihan Tes Buta Warna Dengan Metode Ishikhara Bagi Siswa
4. Pelatihan Tes Golongan Darah Bagi Siswa
5. Pelatihan Pemanfaatan Barang-barang bekas menjadi barang bernilai ekonomi Bagi Siswa

JUDUL PENGABDIAN BERSAMA MAHASISWA

NAMA-NAMA PENELITIAN DAN DANA BIO